Sistem ekonomi berbasis Syari’ah saat ini memang tumbuh dengan cepat karena Indonesia sendiri dihuni oleh mayoritas beragama islam. Terkadang memang ada bisnis yang mengandung riba sehingga tanpa di sadari hal tersebut bertolak belakang dengan tuntunan agama islam.

Salah satu bisnis yang saat ini menggunakan syari’ah adalah bisnis perumahan yang ada di Indonesia sehingga bisnis property semakin berkembang pesat. Dalam beberapa tahun belakangan ini perkembangan perumahan Syari’ah di Indonesia sangat bagus dan penjualan semakin naik.

Bisnis syari’ah di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 11,23 % setiap tahun nya sehingga banyak pebisnis property yang menggunakan basis syari’ah dalam setiap penjualan nya. Ini merupakan pertanda bahwa peluang bisnis property berbasis syari’ah masih terbuka lebar karena sistem nya yang mudah dan tidak mengandung riba.

Bisnis syari’ah ini mulai mendapatkan perhatian public dari berbagai sisi, dan menjadi akses yang baik bagi masyarakat ekonomi rendah. Hanya saja dalam aplikasinya, masih ada masyarakat yang belum mengenal apakah itu perumahan Syari’ah sehingga perlu di adakan sosialisasi lebih lanjut.

Kenapa perkembangan perumahan syari’ah di Indonesia bisa berkembang sangat pesat? Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, cek saja ulasan nya berikut ini:

  1. Faktor Agama

Mayoritas masyarakat di Indonesia adalah beragama islam, karena itulah faktor agama ini juga membuat banyak orang lebih memilih membeli property yang menjalankan basis syari’at agar terhindar dari riba. Terkadang ada rumah yang dijual dengan sistem tertentu yang dianggap kurang berkah nantinya, karena itulah masyarakat memilih untuk membeli property yang syariah.

  1. Harga Bersaing

Hal kedua yang menjadi faktor meningkatnya perkembangan perumahan syariah adalah karena harga nya sangat bersaing sehingga ada banyak rumah yang dijual lebih terjangkau. Pastinya orang-orang akan memilih rumah yang terjangkau dan sesuai syariah tentunya dari pada yang tidak sesuai syariah bukan?

Hal ini menjadi bukti bahwa perkembangan perumahaan syariah ini memang didasari oleh hukum riba yang terkadang masih menjadi perbincangan yang hangat. Ada yang mengatakan bisnis tertentu riba, ada juga yang berdalih bahwa itu tanpa riba.

  1. Desain Menarik

Bukan hanya perumahan biasa saja yang desain nya menarik, saat ini perumahaan syariah juga memiliki desain yang menarik sehingga banyak orang yang memilih untuk membeli rumah di bisnis syariah. Perkembangan ini tidak keluar dari bentuk-bentuk rumah yang selalu up to date, karena itulah bisnis property bisa berkembang sangat cepat setiap tahun nya.

  1. Masyarakat Mulai Mengerti Riba

Masyarakat saat ini mengerti tentang riba dan menekankan bahwa ada hal-hal tertentu yang tidak diperbolehkan sehingga mereka ingin mendapatkan rumah yang lebih berkah. Rumah yang dibeli dengan hasil riba pastinya tidak mendatangkan ketenangan, karena itulah masyarakat memilih membeli perumahaan syariah saat ini.

Itulah beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa bisnis perumahan syariah berkembang lebih cepat dibanding bisnis perumahan biasa? Karena itulah anda yang berada di binis property sebaiknya mempelajari hal ini karena sangat penting untuk kebutuhan bisnis anda selanjutnya.

Jika anda masih menggunakan basis yang lama, masyarakat tidak akan menoleh karena mereka bukan hanya butuh rumah saja, tetapi sebuah rumah yang halal di mata agama mereka. Karena rumah tidak hanya dihuni sehari atau dua hari saja, tetapi bertahun-tahun lama nya sehingga mereka lebih selektif dalam memilih rumah, terima kasih.

 

Comments

comments