Riba merupakan sebuah perkara yang sudah dibahas di dalam Alqur’an bahwa sesungguhnya hal yang riba itu tidak diperbolehkan. Apalagi riba itu sudah jelas hukumnya, yaitu Haram meskipun sistem riba biasanya terlihat tidak menipu, tetapi apa yang sudah ditetapkan oleh Allah pastilah hal yang mutlak.

Karena itulah saat ini sistem riba mulai ditinggalkan oleh beberapa perusahaan tertentu seperti perusahaan property yang menggunakan KPR Syari’ah. Meskipun begitu masih banyak bisnis yang menggunakan sistem riba dan belum mengubahnya, karena itu anda perlu berhati-hati tentang sistem riba ini.

Apa sebenarnya dosa dan hukumnya riba? Apa balasan untuk orang-orang yang menggunakan uang dari hasil Riba tersebut? Yuk langsung saja simak ulasan nya secara lengkap berikut ini:

  1. Siksa Api Neraka

Dalam al-qur’an QS. Ali Imraan:130 sudah dijelaskan bahwa orang yang menggunakan uang riba akan mendapatkan siksa api neraka. Karena itulah uang dari riba ini hanya akan memberikan bahagia di dunia, tetapi akan menyesatkan dalam akhirat nantinya.

Banyak orang yang mendengar kata riba tetapi lupa untuk menghindarinya karena banyak bisnis yang menggunakan sistem riba tetapi tidak terlihat. Biasanya orang menganggap uang haram hanya ketika uang dari hasil mencuri maupun uang hasil menipu orang lain, padahal ada banyak jenis kenapa uang menjadi haram.

  1. Uang Tidak Berkah

Apakah anda pernah mendengar bahwa ternyata uang dari hasil riba itu tidak akan berkah, meskipun anda memiliki uang sebanyak apapun. Biasanya ketidak berkahan ini memiliki dampak cukup banyak, mulai hilangnya tujuan hidup yang dimiliki hingga uang yang cepat habis.

Jadi anda jangan merasa bahwa uang anda sudah berkah karena memiliki uang yang sangat banyak, karena siksa di dunia itu sangat bermacam-macam. Biasanya uang yang tidak berkah juga akan membuat keuangan selalu berantakan, karena itulah anda perlu berhati-hati.

  1. Uang Riba Tidak Bisa di Infaq kan

Meskipun anda infaq dalam jumlah sebanyak apapun, tetapi Allah tidak akan menerima infaq / sadaqah tersebut karena dianggap uang haram. Karena itulah percuma anda menyedekahkan uang hasil riba karena Allah tidak menganggap hal tersebut benar.

  1. Musuh Allah dan Rasul

Tahukah anda bahwa orang yang mencari uang dengan sistem riba itu merupakan musuh Allah dan Rasul sehingga anda sebaiknya menjauhi riba. Cek kembali apakah bisnis anda tersebut termasuk riba atau tidak? Jangan sembarangan dan bertanyalah kepada orang yang lebih mengerti.

  1. Riba Itu Haram

Riba itu diharamkan oleh Allah dan apapun hasil riba tersebut tidak akan membuat anda bahagia di dunia meskipun jumlahnya banyak. Haram adalah sesuatu yang jika dilakukan mendapatkan dosa, dan jika tidak dilakukan mendapatkan pahala.

Ketika anda ingin membeli sesuatu, anda tidak boleh langsung membelinya, anda harus cek terlebih dahulu apakah pembayaran nya dengan sistem riba atau tidak? Jika di anggap riba, maka barang yang anda beli dengan uang halal tersebut tidak akan berkah juga.

Jadi bukan hanya orang yang mendapatkan uang secara riba saja yang dianggap berdosa, tetapi orang yang membeli sesuatu dengan sistem riba juga yang rugi. Misalnya anda membeli rumah dengan sistem riba, maka anda juga berdosa, karena itulah jika anda membeli rumah sebaiknya menggunakan sistem KPR Syariah jika memang anda tidak memiliki uang cash untuk membelinya agar terhindar dari sistem riba, terima kasih.

Comments

comments